Hexaxial Reference System “Sistem Acuan enam”


Axis (arah garis) listrik ditentukan dengan mengacu kepada aturan  enam frontal plane lead (I,II,III,aVR,aVL,aVF). Oleh karena itu  limb lead harus diubah menjadi sebuah bentuk agar bisa dijadikan sistem acuan. Pertama dengan membuat bipolar lead bergerak kearah lain hingga bersilangan seperti pada gambar berikut, agar mellewati sebuah titik pusat (Axis). Lalu bipolar lead membagi precordium kedalam 6 bagian. Sehingga  360o : 6 = masing-masing 60 derajat.


Langkah selanjutnya menambahakan vektor unipolar lead. Sehingga ada 6 lead dan kesemua lead ini membagi precordium menjadi 12 bagian dan masing-masing 30 derajat (360o : 12).



Lead I dan aVF membagi precordium kedalam 4 kuadran. Gambar berikut menggambarkan kuadran dengan aksis normal dan abnormal. Ketika 4 kuadran ini diberi lingkaran, masing-masing kuadran membentuk sudut 90 derajat.



a)      Kuadran antara kutub (panah) positif dari lead I dan aVF disebut quadrant of normal axis (NA) Kuadran dengan aksis normal.
b)      Kuadran di sebelah kanan disebut kuadran Abnormal Right axis deviation (ARAD). wilayah kuadran ini untuk menggambarkan aksis (arah vektor yang melewati titik pusat) yang abnormal dengan deviasi ke kanan.
c)      Di bagian kuadran atas disebut kuadran Abnormal Left Axis Deviation (ALAD). Wilayah kuadran ini untuk menggambarkan aksis  yang abnormal dengan deviasi ke kiri.
d)       Dan kuadran terakhir adalah inderteminate  Axis (IA),”aksis yang tidak dapat ditentukan”  beberapa menyebut wilayah kuadran ini sebagai “ no man’s land ”, karena bila ada seseorang yang memiliki aksis tersebut dianggap mengalami deviasi aksis yang ekstrem ke arah kanan.


Setiap wilayah sudut 30 derajat yang terbentuk pada lingkaran sempurna diberikan nilai . Untuk kutub positif di lead I di tentukan sebagai titik 0, bagian sebelah (hemisphere) atas lead I di tentukan bernilai negatif, dan bagian sebelah (hemisphere) bawah di tentukan bernilai positif. karena Quadran of inderteminate  Axis menggambarkan deviasi ekstrem kanan maka nilai positif meluas, sehingga aVF diberi nilai positif 210.




Sumber:
Zainul Abidin and Roberth Corner .2008. ECG Interpretation The Self-Assesment Approach second edititon .Blackwell Publishing: USA.

Comments